MONSTRUM/MOLGOE (2018), Film Korea yang Tak Biasa


Director:  Jong-ho Huh
Writers:  Heo-damJong-ho Huh (as Jong-ho Heo)
Stars:  Kim Myung-Min, Kim In-kwon, Lee Hye Ri, Choi Woo Sik
Credit from IMDB
Tonton trailer nya disini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa film dan drama seri Korea identik dengan kisah-kisah romantis ala-ala cinderella dimana sang pria kaya jatuh cinta pada wanita miskin,  dan kisah-kisah cinta yang berujung tragis dimana biasanya salah satu aktor atau aktris utamanya meninggal. Jika anda ingin menonton film Korea tetapi dengan genre yang sedikit berbeda, Monstrum adalah salah satu film yang wajib anda tonton tahun ini. Saya memberi rating film ini 7 (dari 10). Film garapan Sutradara Hoe Jong Ho ini berhasil membuat saya berdeg-degan ria pada 30 menit terakhir. Dari judulnya saja kita sudah dapat menebak film ini tentang apa. Sebagai bahan informasi anda saja, bahwa banyak kata-kata dalam bahasa Korea (dan Jepang) sehari-hari langsung menyadur dari kata-kata berbahasa Inggris, hanya saja dengan pelafalan yang sedikit berbeda)

Ya, film yang dirilis September tahun lalu ini bercerita tentang seekor monster yang tadinya di anggap sebagai mitos dan dibesar-besarkan ceritanya oleh seorang perdana menteri, pada salah satu masa di dinasti Joseon, untuk meresahkan masyarakat dan mengguncang tahta sang kaisar sebagai salah satu usaha mengkudeta kaisar pada masa itu. Si perdana mentri menugaskan anak buahnya untuk membantai orang-orang yang pergi ke gunung dimana tempat monster itu dikabarkan berada dan membuat seolah-olah pembantaian tersebut dilakukan oleh si monster.

Karena gelisah dengan  isu monster ini tetapi masih tidak percaya dengan keberadaannya, sang Kaisar yang diperankan oleh Park Hee Son, memutuskan untuk mencari mantan prajurit terbaiknya, Yun Kyum (Kim Myung Min) yang telah lama keluar dari istana dan menugaskannya sebagai panglima pasukan pencari untuk menginvestigasi apa yang sebenarnya terjadi. Panglima tersebut bersama sahabatnya Sung Han (Kim in Kwon) dan anak angkatnya Myoeng (Lee Hye Ri) dan juga salah satu hwarang istana, Hur (Choi Woo Sik) memulai investigasi dengan mengunjungi lokasi pembantaian. Myeong menemukan bahwa ada dua penyebab kematian para korban di lokasi tersebut, dan salah satunya adalah terkena cairan yang mematikan dan sangat menular.  

Yun Kyum mengusulkan untuk menyisir gunung tersebut dan meminta sejumlah pasukan bantuan kepada Kaisar. Sang perdana menteri mengusulkan bahwa mereka harus mengikutsertakan rakyat untuk membantu. Padahal dia sudah merencanakan hal jahat pada mereka.
Ketika penyisiran, anak buah sang Perdana Menteri membunuh para rakyat yang tak berdosa. Di tengah-tengah pembantaian tersebut munculah sang Molgoe yang ternyata nyata, bukan hanya mitos yang di karang untuk mengkudeta Kaisar.
Di sisi lain, sang Kaisar berhasil di kudeta oleh Perdana Menteri dan pengikutnya dan segera akan dibunuh. Tetapi, singkat cerita Molgoe tersebut sampai di istana dan berusaha membunuh semua orang yang berada disana.
Apakah Kaisar selamat?
Apakah sang Molgoe berhasil dikalahkan?Akankah happy ending atau sad ending?
Well, gak seru dong kalo semua dibahas disini.
Tapi satu hal yang khas dari film dan drama seri Korea adalah apapun genre nya, mereka selalu menyelipkan unsur drama yang menguras air mata. Begitupun dalam film ini.
Penasaran kan? Cuss ah nonton hihi.

Comments

Popular posts from this blog

4 Alasan Kenapa Harus Nonton Our Beloved Summer 그 해 우리는 4 Things Made Our Beloved Summer K-Drama Series Worth to Watch 그 해 우리는

My Top 4 Free Teaching Resources and Printable for Homepreschooling

TOP 10 2023 Broken Heart Song of the Year