7 Simple Morning Routines to Start Your Day



Image from: istockphoto.com




Untuk Stay-at-home-Mom atau Working-Mom sudah dapat dipastikan pagi adalah kata yang identik dengan hiruk-pikuk, kehebohan, teriakan, tangisan, dll., yang berbarengan dengan nyiapin sarapan, nyiapin baju suami, lalu nyuapin anak-anak, mandiin dan makein baju yang kaya lagi kejar-kejaran sama copet di pasar, belum lagi harus dandan buat yg mau kerja (kalo sempet). Lalu tak terasa tau-tau udah siang aja. Ngalamin kayak gitu juga ga sih Mom? Kalo aku sih yes. Haha

Ternyata setelah mencermati hasil observasi, pengalaman dan baca-baca artikel dari berbagai sumber, mood Anda di pagi hari menentukan mood Anda seharian ke depan. Your morning determines the rest of your day. Pernah ngerasa ga, kalo pagi-pagi udah BT sama anak-anak and kerjaan yang seems endless terus seharian itu uring-uringan ga jelas? Atau pas pagi-pagi udah mesem-mesem karena udah dikasi surprise sama Pak Suami dan seharian itu bawaannya seneng terus? Yes indeed. Your day depends on your morning.
Di tulisan kali ini, Saya mencoba membagikan beberapa tips beberapa kegiatan pagi yang dapat membantu and menghadapi the rest of your each day dengan sedikit lebih bahagia. Worth to try I suggest. 

1. Wake up Early

Pernah nonton video nya Jay Shetty tentang bangun lebih pagi, karena banyak orang-orang sukses memulai hari mereka dengan bangun lebih pagi. Jay Sahety sendiri pernah menjadi biksu, Dan biksu tidur lebih sedikit. 
Watch the video here.
Sama halnya dengan ajaran Nabi Muhammad SAW (jika and Muslim pasti tahu), beliau menyedikitkan waktu untuk makan and tidur, and He is totally a morning person. 
I believe jika kita bangun lebih pagi, kita mempunyai waktu Yang cukup untuk mengorganisir APA yang akan dilakukan pada setiap harinya. Dan dengan bangun lebih pagi, we have more time for ourselves, believe me it's true.


image from: pinterest

2. Do Bed Stretching

Sebelum turun dari tempat tidur, lakukanlah stretching tanpa harus turun dari tempat tidur anda. Lakukan beberapa gerakan yg dapat membantu melenturkan tulang dan mempersiapkan tubuh untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat selanjutnya. Contoh on bed stretching yg biasa Saya lakukan Ada di link video di bawah ini:
5 Morning Streches in Bed

atau bisa dilihat di image dibawah ini yang saya copy dari 




Those stretching really refresh your body and help you reduce the backbone pain.

3. Drink a Glass of Water

Well peeps, ketika kita tidur kita dalam keadaan seperti orang yang sedang berpuasa. Bayangkan klo kita tidur 8 jam berarti tidak ada pasokan air dan makanan selama itu. Nah otomatis ketika kita bangun, we need to re-dehydrate ya kan. Tetapi dianjurkan jangan langsung makan, karena organ pencernaan kita belum siap. Biasakan minum satu gelas air setelah kita bangun dan menunggu minimal satu jam untuk memulai sarapan. 
Hal ini adalah hal yang paling sulit sepertinya untuk saya lakukan, karena bangun tidur rasanya pengen langsung ngegado mie s***p rebus kari spesial pake telor terus pake topping kimchi. Tsssaaaahhhhhh.
But seriously, this routine (drink a glass of water, bukan sarapan mie) brings a significant effect to your body.

Anda juga bisa baca artikel di bawah inisebagai referensi:




4. Do your Morning Prayer or Meditation

Untuk umat Muslim, Morning prayer atau sholat Subuh is a must. Kewajiban, jadi bukan routine lagi. But here what I myself thought about this time is, we have a self time with God. Bayangkan only God and you yourself have a deep talk. I usually say in my morning prayer how I am so thankful and grateful to him for all of His blessing. 
Jika anda non-Muslim, anda bisa melakukan a 5 minute meditation. Banyak rekomendasi simply morning meditation yang bisa kamu dicari di youtube. So sorry for this karena saya belum punya rekomendasi untuk dishare 😁




5. Make Yourself a Nice Cup of Coffee or Tea

webmd.com mengatakan bahwa "a hot cup of coffee can perk you up in the morning and a soothing cup of tea can help you relax after a stressful day." and yes, I prefer Coffee than tea.
After being a mom of two toddlers, Saya mulai rutin meminum kopi dipagi hari. Biasanya setelah selesai menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan si hubby. Just the smell of the coffee strangely could soothe my brain for a while. I call it as my morning therapy. 


image from: societe.me

6. Listen to Good Music 🎶

Good music for good soul. Yes, walaupun ga bantu banyak tapi untuk saya pribadi mendengarkan lagu yang enak dan dengan lirik yang bagus bisa membantu untuk cheer up my morning. Kenapa ga sekedar lagunya yang enak, tapi harus dengan lirik yang bagus? Well, believe it or not, it can motivate you when you listening the songs. Sebaliknya kalo liriknya jelek atau malah melow dan bikin gagal move on karena flash back, ahhahaha, ambyar dah tuh morning.

Di jaman serba online seperti sekarang, saya merasa lebih dimudahkan untuk memilih lagu yang enak dengan GRATIS. Yah namanya juga Mak Emak kalo ada yang gratis kenapa harus bayar hahaha. seperti aplikasi JOOX atau SPOTIFY, kita bisa pilih playlist sesuai sama apa yang mau kita dengarkan. Bahkan, aplikasi-aplikasi tersebut bisa otomatis menawarkan plasylist yang berisi lagu-lagu yang biasa kita puter. 




7. Ready for your day❤️❤️❤️



Meme di atas mewakili banget apa yang saya rasakan setiap pagi.
So Moms, selamat berjuang. Happy Mom, Happy kids, Happy family.
Your family depends on you.


"Your kids don't need a perfect Mom, they need a happy one."





Comments

Popular posts from this blog

4 Alasan Kenapa Harus Nonton Our Beloved Summer 그 해 우리는 4 Things Made Our Beloved Summer K-Drama Series Worth to Watch 그 해 우리는

My Top 4 Free Teaching Resources and Printable for Homepreschooling

TOP 10 2023 Broken Heart Song of the Year