4 Alasan Kenapa Harus Nonton Our Beloved Summer 그 해 우리는 4 Things Made Our Beloved Summer K-Drama Series Worth to Watch 그 해 우리는

Foto: (Arsip SBS via Netflix)


"Kita Tidak Bisa Tetap Berteman dengan Mantan" 

Mungkin kalimat ini paling cocok untuk menggambarkan sebagian besar cerita K-Drama Series ini. K-Drama series ini mendapat review bagus di mana-mana dan dapat rating bintang lebih dr 8 (1 sampai 10), contohnye review dari IMDb, Asian Wiki, dan tentu saja dari blog ini. Banyak juga comment review yg bisa kamu cekout sebagai referensi di Reddit dengan search keyword Our Beloved Summer each episode.

Drama seri ini bercerita tentang kehidupan Choi Ung (Choi Woo Sik) dan Kook Yeon Su (Kim Da Mi) yg menjadi peran utama dari film dokumenter ketika mereka SMA. Film dokumenter tersebut tentang kehiduapn sehari-hari dari dua pelajar dengan peringkat tertinggi yaitu Yeon Su dan peringkat terendah yaitu Choi Ung yang diambil selama satu bulan lebih. Setelah 10 tahun dari film dokumenter tersebut tayang, kemudain viral kembali dan mantan sutradara dulu yang menggarap dokumenter tersebut ingin kembali menggarapnya dengan dua orang yang sama dan menunjuk sahabat mereka sebagia PD-nim atau producernya. Semacam past and future nya atau before and after the documentary. 

Setalah 5 tahun berpacaran dan 5 tahun putus dan tidak berhubungan sama sekali, mereka kembali dipertemukan oleh takdir. Dan anehnya padahal 5 tahun sebelumnya mereka tidak pernah bertemu sama sekali padahal tinggal di lingkungan yg sama, walaupun hanya sekedar berpapasan. Tetapi setelah pertemuan pertama kali lg setelah 5 tahun mereka tak henti-hentinya berpapasan sehingga membuat satu sama lain salah paham. Well, bukan drama korea kalo tidak diselimuti dengan berbagai kesalahpahaman.

Curang rasanya jika di blog ini menceritakan keseluruhan cerita, jadi kami akan merangkum 4 alasan kenapa Our Beloved Summer worth to watch.

1. Jalan Cerita Love-Hate Ringan dan Relatable yg Tidak Biasa

Foto: (Arsip SBS via Hancinema)

Satu bulan untuk selamanya. Mungkin ini yang bisa menggambarkan semua cerita lengkap dari Our Beloved Summer. Genre K-Drama ini adalah rom-com atau komedi romantis. Eits tapi ga hanya sekedar itu. Drama ini dikemas dengan  ringan tapi masih terkesan apik dan deep sehingga tidak terkesan boring. Story dari drama ini juga tidak hanya berpusat pada Choi Ung dan Yeon Su saja yg sebagai main character. Tetapi juga bercerita tentang orang-orang di sekitar mereka, sahabat-sahabat mereka, bahkan orang tua Choi Ung dan Nenek Yeon Su. simple heartwarming yet heartbreaking.

Dengan menonton drama ini untuk kalian yg ada di early 20s or 30s pasti ngerasain banget nostalgia highschool summer vibesnya.  


Drama ini ringan tapi ga ringan-ringan bgt soalnya awesome aja gitu saat ambil tema yg biasa tapi packaging nya antimainstream. Secara subjektif dapat dikatakan bahwa banyak penonton lebih suka ketika Kim Da Mi dipasangkan dengan Choi Woo Sik dibandingkan dengan ketika berpasangan dengan Park Seo Jun di Itaewon Class,tapi bukan berarti Itaewon Class mempunyai jalan cerita yang jelek atau Kim Dami berkatng jelek disana ya.

Walaupun ceritanya bertemakan nostalgia dan banyak flashback ke masa lalu, tetapi tidak membingungkan seperti kebanyakan drama flashback lainnya. naskah dari Lee Na Eun ini memang patut diacungi jempol. Bisa dibuktikan dengan banyak quote yan terkenal terlahir dari series ini.

Hal itu dibuktikan dengan beberapa dialog yang membuktikanya seperti saat Choi Ung menggambarkan Kok Yeon Su dengan image bahwa hanya dia yang tahu sisi lain dari Yeon Su yang tidak diperlihatkan ke orang lain. Atau ketika Choi Ung berkata "

"Tidak apa-apa sendirian dari awal. Anda akan terbiasa. Tapi sendirian setelah bersama seseorang bukanlah sesuatu yang ingin aku alami lagi."

Ada dialog dimana seorang seangkuh Yeon Su bisa berkata:

"Aku berpura-pura seolah semuanya baik-baik saja dan bergantung pada harapan bahwa aku akan terbiasa."



2. Mental Health Issue Education
Foto: (Arsip SBS via Hancinema)

Drama ini juga mengangkat beberapa Mental health issue dan bercerita bagaimana setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam menghadapinya. Ada yang memang harus sampai membutuhkan tenaga profesional (psikolog/psikiater) seperti Choi Ung yang mengalamai insomnia parah setelah putus. DIa menghadapi nya dengan bantuan profesional dan juga ditemani oleh manager yang juga teman baiknya.

Dalam satu scene Ung pernah menjelaskan kalo dia tidak pernah benar-benar tidur lelap tetapi masih setengah sadar, dalam sekali tidur bisa bermimpi 500 kali dan sulit mebedakan antara kenyataan dan mimpi. Salah satunya terjadidi scene ketika Ung setengah tidur dan ada Yeon su. Dengan tidak sadar Ung memegang pipi Yeon Su dan terjadilah keawkardan moment.

Kasus lain terjadi pada Ji Ung, sahabat Yeon Su dan Choi Ung yang menjadi PD-nim acara dokumenter mereka yang versi after nya. Ji Ung terus ditinggalkan oleh Ibunya dari kecil. Ibu nya hanya pulang sesekali dan Ji Ung beranjak dewasa dengan hanya mengandalkan diri sendiri. dibandingkan dengan Ibunya, Ji Ung lebih dekat dengan orang tua Choi Ung, malah nama belakang mereka sama dan mereka bersahabat dari TK. 

Lalu ibunya kembali ketika dia sudah sakit parah dan meminta tinggal bersama si PD-nim ini. Karena mother issue ini, Ji Ung lebih memilih untuk tidak pulang ke rumah, tapi dia tidak mengusir Ibunya.


3. Sinematografi yang Eyegasm

Foto: (Arsip SBS via Hancinema)

Saat memilih untuk menonton suatu series atau movie, pasti setelah jalan cerita yang dipilih adalah visualnya. Sutradara Kim Yoon Jin mengemas apik setiap scene dengan vibes summer di series ini. Tidak ada scene yang tidak terkesan mewah dan indah. Memanjakan mata dari episode awal hingga akhir. Pemilihan peran disini juga memegang kunci kenapa series ini mempunyai rating tinggi. Kim Dami dan Choi Woo Sik adalah dua dari aktris dan aktor ternama Korea yang amat sangat cocok berakting untuk menjadi diri mereka sendiri saat mereka remaja dan saat mereka bertemu lagi di umur 29an.

4. Memiliki Soundtrack yang Beautifully Easy-Listening

Soundtrack memegang kunci penting di setiap movie atau drama yang bisa menjadikan nya jadi terkenal. Tak bisa rasanya kalo menonton movie atau drama series tanpa soundtrack yang catchy. Ada top 3 lagu yang saat didengarkan pasti langsung teringat scene-scene di drama series ini yaitu:

1. Drawer yg dibawakan oleh 10cm



2. Chirstmas Tree oleh V yang by the way adalah sahabat baik dari Choi Woo Sik yang memerankan Choi Ung



3. Opening theme song yang berjudul sama Our Beloved Summer dari  Kim Kyung Hee.


Kamu juga bisa mendengarkan full soundtrack di youtube di bawah ini:



Tentu saja bukan hanya 4 alasan ini yang bisa membuat kamu harus nonton Our BEloved SUmmer. Coba aja dulu satu episode dan rasakan vibes nya. Oh ya, kamu bisa nonton drama series ini full episode lengkap di Netflix lho. Selamat menikmati vibes summer 💛

Comments

Popular posts from this blog

My Top 4 Free Teaching Resources and Printable for Homepreschooling

TOP 10 2023 Broken Heart Song of the Year